Beranda > murah > Kekurangan sepeda motor matic injeksi irit harga murah Yamaha Mio J

Kekurangan sepeda motor matic injeksi irit harga murah Yamaha Mio J

Keunggulan dan kekurangan Motor matic Injeksi Irit Harga Murah Yamaha Mio J

Banyak yang memaparkan kelebihan atau keunggulan motor matic yamaha mio J, disini blogger terbaike ” baca : blogger terbaikek, bukan blogger terbaik, akan menambahkan kekurangan motor sporty matic injeksi irit. :D

Yamaha Indonesia membuat “gebrakan” dengan menelorkan dua varian terbarunya yaitu Yamaha Mio Fino dan Yamaha Mio J-FI. Mio J-Fi langsung menjadi primadona karena merupakan sepeda motor matik berteknologi injeksi paling ekonomis di Indonesia. Bagaimana tidak, Yamaha memberi bandrol Mio J-FI hanya Rp 11,99 juta sampai Rp 12,93 juta (on the road Jakarta).

Melihat harga yang ditawarkan oleh Yamaha, kita lantas berpikir, bagaimana performa motor ini dibanding motor lain di kelasnya. Dengan harga yang murah, apa lantas motor ini membenamkan teknologi yang tergolong “seadanya”?

Mari kita lihat spesifikasi lengkap Yamaha Mio J-FI

Spesifikasi Mesin

Mio J mengusung mesin 113 cc, 4-tak, 2-valve, SOHC berpendingin kipas, dan mempunyai tenaga maksimum 7,75 PS pada 8.500 RPM dengan torsi maksimum 8,5 Nm pada 5.000 RPM. Selain itu terdapat teknologi terbaru Yamaha, yakni Mixture JET-Fuel Injection, serta pengaplikasian Diasil Cylinder dan Forged Piston yang membuat pembakaran lebih optimal dan irit bahan bakar.

Teknologi Injeksi Irit harga Murah

Bukan hanya performannya baik dan desainnya menarik. Mio J juga lebih hemat bahan bakar. Dalam slide presentasinya, disebutkan bahwa konsumsi bahan bakar Mio J FI ini mencapai 52 km/liter dalam kondisi pengetesan bervariasi, tidak dalam kondisi konstan (tarikan stabil-red).

Bila dalam kondisi konstan, di kecepatan 30 km/jam diperoleh konsumsi bahan bakar 70 km/liter.

Terdapat ada dua faktor penting yang membuat konsumsi bahan bakar Mio J FI jauh lebih hemat hingga 30 persen bila dibandingakan dengan Mio lama. Yamaha membenamkan sistem injeksi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) dan aplikasi forged piston-diasil cylinder.

YMJET-FI dengan air assist passage, 2 throttle valve dan idle speed control membuat mesin lebih hemat bahan bakar di putaran mesin idle dan rendah. Saat putaran mesin rendah sampai menengah, udara masuk lewat air assist passage, efeknya pengkabutan bahan bakarnya bisa lebih halus sehingga pembakaran lebih sempurna.

YMJET-FI sangat efektif di economic zone, yaitu di kecepatan 20 sampai 55 km/jam. Kecepatan rata-rata orang berkendara secara normal di Indonesia.

Sedang forged piston dan diasil cylinder selain memiliki koefisien gesek rendah juga lebih kuat digebuk kompresi, kompresi tinggi pembakaran bisa lebih sempurna yang berefek pada konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Fisik

Grafis Mio J-FI di Indonesia jauh lebih sederhana jika dibandingkan Mio J versi Thailand. Lebih kalem.

Cover bodi samping mirip dengan Mio Sporty, kemudian dijejali lampu belakang berukuran besar yang mirip lampu Yamaha Nouvo.

Bodi depannya tampak sederhana, tidak tampak garis-garis melengkung manis. Tapi beberapa sudut memang dibuat lebih tajam seperti batok lampu hingga lampu sein dan sepatbor depan. Lampu seinnya tampak besar memanjang, oval. Ditambah lampu utama yang ada di kepala (stang-red). Motor ini telah mengadopsi Auto Headlamp On (AHO).

Sepatbor belakangnya mirip Mio Soul, lebar dan diharapkan mampu menahan cipratan air dengan sempurna.

Di bawah jok terdapat bagasi yang ukurannya sedikit lebih lega ketimbang Mio Sporty. Meski helm enggak bisa masuk, tapi masih cukup untuk menyimpan jas hujan. Di bawah setang juga ada konsol bagasi dan gantungan barang yang masing-masing mampu mengangkut barang dengan bobot maksimum 1 kilogram.

Ada dua varian, yang pakai palang atau casting wheel dan jari-jari atau spoke wheel.

Speedometer mudah dibaca, lengkap dengan iluminasi warna hijau. Kunci kontaknya sudah menggunakan pengaman bermagnet. Mekanisme buka tutup kuncinya unik, unit menutup lubang kunci bisa dilakukan dengan memutar diameter luar rumah kunci.

Sedang penampilan mesinnya yang benar-benar baru menunjukan kalau air filter diletakan di atas transmisi CVT. Uniknya, pada kipas pendingin di sisi kanan mesin terdapat penutup.

Jadi keunggulannyaMio J-FI memang motor motor canggih namun berharga miring.

Namun apa saja kekurangannya?..
Mungkin karena motor zaman sekarang tidak menggunakan pelek jari – jari secara otomatis kalau digunakan di jalanan kota kecil atau kampung, pelek casting wheel (cw) mudah bengkok, seperti yang dialami motor saya.
Berbeda dengan motor yang menggunakan pelek jari – jari lebih elastis meredam jalan berlubang dan mudah disetel ulang bila terjadi bengkok.
Juga bisa dipakai untuk menyimpan puntung rokok tatkala sobat memasuki toko obat atau apotik, tanpa harus membuang rokok tersebut yang masih berharga 500 perak.

Untuk lebih jelasnya sobat lihat ilustrasi berikut :

About these ads
  1. Mei 21, 2012 pukul 10:32 am

    wah pakai teknik negatif titlle
    Semoga sukses ya gan
    Web ku nggk nongol-nongol bahkan di top 100 dengan pencarian Motor matic injeksi irit harga murah :(

  2. September 11, 2012 pukul 12:59 am

    hahahaha yg lucunya malah ngebahas pntung rokok mantaaap

  3. viqqar
    September 15, 2012 pukul 1:55 am

    haji sam sul lg roko.a !!

  4. Eko
    Oktober 3, 2012 pukul 10:24 am

    Ampuh…

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: